Scaling Gigi Dianjurkan 6 Bulan Sekali, Ini Fakta-faktanya

Jakarta – Scaling gigi sangat dianjurkan untuk dilakukan enam bulan sekali. Sebab karang gigi merupakan musuh utama yang dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Rajin menggosok gigi dan berkumur pun tidak cukup untuk menjaga kesehatan gigi. Penumpukan karang gigi bisa kamu atasi dengan scaling gigi.

Scaling gigi adalah suatu prosedur non operasi yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan karang gigi secara menyeluruh. Penasaran seperti apa scaling gigi? Yuk simak berikut ini ulasan dan manfaat scaling gigi yang dirangkum detikHealth:

1. Tindakan Scaling Gigi

Scaling Gigi adalah tindakan untuk melakukan pembersihan karang gigi, dengan menggunakan alat bernama ultrasonic sclaer. Alat ini mampu menghasilkan getaran yang bisa menghancurkan karang-karang gigi hingga bagian terdalam gigi yang sulit dijangkau dengan sikat gigi.

Biasanya setelah melakukan proses scaling gigi akan menimbulkan efek scaling gigi, seperti gusi bengkak, nyeri hingga berdarah. Hal tersebut disebabkan karena gigi yang berkarang sedang menyesuaikan diri dengan proses scaling.

2. Langkah-Langkah Scaling Gigi

Nah, sebelum kamu melakukan scaling gigi, ada baiknya untuk memeriksakan kondisi gigi dan mulut ke dokter. Mulai dari riwayat kesehatan gigi, kebiasaan merawat gigi, obat atau suplemen yang dikonsumsi saat ini, dan lain-lain. Hal tersebut guna untuk menentukan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan kamu.

Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan karang gigi yang membandel oleh dokter. Jika diperlukan, dokter mungkin dapat melakukan rontgen gigi supaya terlihat lebih detail kondisi gigi.

3. Siapa Saja yang Mendapat Tindakan Scaling Gigi?

Scaling gigi bisa dilakukan pada siapa saja. Sebab timbulnya plak hingga menjadi karang gigi bisa terjadi pada semua orang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karang gigi muncul akibat mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi, terutama para perokok aktif yang rentan karena adanya kandungan tartar dalam kandungan rokok.

4. Kapan Melakukan Scaling Gigi?

Scaling gigi sangat dianjurkan untuk dilakukan dua kali dalam setahun atau enam bulan sekali. Namun, jika sudah dalam tahap kasus yang berat, scaling gigi dapat dilakukan 3 bulan sekali nih detikers.

5. Durasi Scaling Gigi

Buat kamu yang masih takut untuk scaling gigi, jangan khawatir karena prosesnya hanya membutuhkan waktu sekitar 30 – 120 menit. Lama waktu scaling gigi tergantung pada banyaknya karang gigi yang menempel. Dokter biasanya akan meminta kamu untuk berpuasa selama 30-60 menit setelah scaling gigi dan bila diperlukan dokter akan memberi resep obat nyeri atau antibiotik dan kumur.

6. Biaya Scalling Gigi

Estimasi biaya scalling gigi memiliki variasi, hal tersebut berdasarkan tiap rumah sakit atau klinik. Mulai dari kisaran harga Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu. Sebaiknya buat kamu yang berniat untuk scaling gigi, siapkan dana lebih sekitar 20-30% dari biaya perkiraan.

7. Manfaat Scaling Gigi

Perawatan gigi dengan proses scaling gigi tidak terlalu mahal dibandingkan dengan perawatan gigi lainnya, seperti veneer gigi. Tapi, jangan sepelekan manfaat scaling gigi ya. Berikut ini beberapa manfaat scaling gigi, yaitu:

– Mencegah gingivitis atau radang gusi

– Mencegah halitosis atau bau mulut

– Menurunkan risiko munculnya penyakit jantung dan stroke

– Terhindar dari perubahan warna gigi

– Terhindar dari keompongan

8. Mitos Scaling Gigi

Terdapat mitos di kalangan masyarakat saat melakukan scaling gigi, contohnya banyak orang yang khawatir jika scaling gigi dapat membuat gigi menipis.

Faktanya, pembersihan yang dilakukan hanya mengangkat karang gigi saja dan tidak akan mengubah bentuk gigi.

“Saat dibersihkan, kita hanya mengangkat karang giginya saja tidak akan mengubah bentuk gigi sama sekali. Jadi Anda yang ingin membersihkan karang gigi tidak perlu khawatir,” tutur drg Falah dalam acara seminar awam ramadan, di Aula Griya Puspa RS Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur.

Jika terus dibiarkan, karang gigi dapat mengganggu kesehatan organ lain karena banyaknya jumlah bakteri yang terbawa oleh aliran darah.

Jadi, kapan kamu scaling gigi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *