8 Hal Menyebalkan Ketika Magang yang Harus Kamu Hadapi

Apakah kalian berencana melakukan kegiatan internship di tahun ini?. Entah untuk tugas kuliah, sekolah, atau inisiatif sendiri. Tapi sebelum itu, persiapkan lah diri mu untuk menghadapi kejadian- kejadian gak menyenangkan di tempat magang nanti.

Tidak seperti perusahaan STAR SHARE yang memang mengelola secara khusus anak magang, perusahaan lain sering nya tidak memiliki manajemen khusus ketika menerima permagangan.

Hal ini sering menyebabkan kejadian buruk semacam ini hampir akan dialami setiap anak magang di berbagai perusahaan. Bahkan diperusahaan besar sekalipun.

Berikut ini adalah 10 hal yang sangat tidak menyenangkan, yang akan dialami oleh anak magang, baik itu di tempat kerja atau ketika menjalankan aktivitas kerja.

Sering Diabaikan

Jangan berfikir Anda akan diperhatikan, atau akan mendapat perhatian ketika melakukan magang. Anak magang justru tidak akan banyak di urusi oleh karyawan setempat. Karyawan sudah memiliki tugas tersendiri yang harus mereka kerjakan.

Tidak dianggap

Anak magang tidak diperkenankan untuk memegang aktivitas kerja. Bila beruntung, mereka pun hanya disuruh bantu- bantu hal kecil. Karena tidak terlalu memiliki kegunaan yang besar, anak magang biasanya tidak dianggap keberadaan nya.

Tidak mendapatkan job description

Sama seperti penjelasan sebelum nya, Anak magang tidak diperkenankan untuk memegang aktivitas kerja. Karena kemampuan mereka dirasa kurang bila dibandingkan dengan karyawan lain nya.

Karena perbedaan kemampuan inilah, pekerjaan akan menjadi beresiko apabila dipegang oleh anak magang. Sangat berbeda sekali bila magang di STAR SHARE, dimana anak magang diberi kesempatan untuk memegang aktivitas kerja secara langsung.

Disuruh bersih- bersih

Karyawan setempat tentu saja akan jenuh bila melihat anak magang yang tidak melakukan apa- apa. Mereka biasanya memberikan pekerjaan bersih- bersih kepada mereka, agar sekiranya keberadaan nya juga ada sedikit manfaat.

Tidak dijawab ketika bertanya

Seperti penjelasan sebelum nya, anak magang sering nya tidak memiliki banyak pekerjaan yang bisa mereka pegang. Mereka boleh melihat aktivitas kerja, tetapi tidak terlalu boleh mencoba memegang aktivitas kerja (kebanyakan seperti itu).

Dan karena mereka hanya melihat aktivitas kerja saja, sering nya anak magang banyak bertanya tentang aktivitas kerja yang mereka lihat tersebut.

Ingat, setiap karyawan punya pekerjaan nya sendiri. Ketika mereka ditanya, hal itu akan sangat mengganggu mereka. Dan kadang, pertanyaan itu tidak mereka jawab (atau mereka pura- pura tidak mendengar nya).

Mendapatkan Bullying

Sebelum nya telah dijelaskan, kalau anak magang biasanya tidak diperkenankan memegang aktivitas kerja. Tapi, kadang (mungkin terjadi beberapa kali dalam seminggu), mereka juga diberi sedikit kesempatan untuk memegang aktivitas kerja kecil.

Sayang nya, apabila mereka gagal mengerjakan aktivitas kerja kecil tersebut, sering nya mereka akan dibully habis- habisan oleh para karyawan di perusahaan itu. Sebuah komentar kecil yang menyakitkan, biasanya akan terlontar kata seperti ini “Gitu aja gak becus…”.

Biaya Mahal

Lain dengan keadaan dikantor, keadaan ketika menjalankan aktivitas magang pun menjadi sebuah masalah juga. Selain masalah ditempat kerja, anak magang juga pasti akan mengalami masalah juga diluar kantor. Salah satu nya adalah mengenai biaya transportasi dan biaya lain.

Magang biasa dengan cara datang langsung ke perusahaan tempat magang, pasti membutuhkan biaya transportasi. Tidak hanya itu, biaya makan siang juga harus di hitung. Berbeda bila melakukan magang secara remote, karena Anda tidak perlu datang ke kantor.

Katakanlah, biaya transportasi bisa mencapai Rp. 20.000 tiap hari. Anggap saja Anda melakukan magang selama 4 bulan atau 120 hari. Biaya transportasi yang harus dikeluarkan adalah Rp. 20.000 X 120 hari= 2,4 juta.

Makan pagi bisa dirumah. Tapi, makan siang, harus dikantor. Satu kali makan anggap saja 20.000. Bila Anda magang selama 120 hari, maka biaya nya mencapai 2,4 juta juga.

Biaya transportasi dan makan semuanya bisa mencapai 4,8 juta. Belum biaya lain- lain (pulsa, jajan tambahan, dll). Total nya bisa mencapai 6 juta.

Terjebak macet

Magang biasa, perlu ke kantor untuk beraktivitas. Jarak kantor dengan rumah Anda mungkin jauh. Tidak jarang Anda bisa terjebak macet selama berjam- jam untuk mencapai tempat kerja.

Tapi tidak apa. Dengan ini, Anda telah memiliki persiapan untuk menghadapi hal menyebalkan ketika akan terjun ke dunia magang. Persiapkan diri kalian dengan matang, agar tidak terjadi gangguan psikis.

Solusi lain untuk menghadapi hal ini adalah dengan cara magang di perusahaan yang memiliki manajemen internship yang bagus. Perusahaan STAR SHARE, Tokopedia, BCA dan Google, merupakan alternatif yang bagus sebagai tempat magang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *